Eryansyah,
S.Pd CGP angkatan 2 SMAN 2 Bolo Kab. Bima NTB
A. Hal yang menarik dari modul ini ?
Hal yang
menarik dari modul ini adalah program sekolah yang berdampak pada murid artinya
sepenuhnya melibatkan murid serta berpengaruh terhadap tumbuh kembang karakter
murid. Program sekolah yang melibatkan murid dalam perencanaan, pelaksanaan,
monitoring, evaluasi, sampai pada pelaporan program sekolah.
Program yang direncanakan sekolah diharapkan dapat
berpengaruh terhadap tumbuh kembang murid seperti kepemimpinan murid,
kolaboratif, kreatif, inovatif, kritis dan pedulian. Program sekolah perlu memperhatikan
tahapan perencanaan program, manajemen risiko, monitoring dan evaluasi,
pembelajaran yang di dapat, dan pelaporan melalui pendekatan inkuiri apresiatif
dengan tahapan BAGJA.
Yang sangat perlu diperhatikan dalam penyusunan program
sekolah adalah Manajemen risiko, oleh sebab itu dapat dipetakan Risiko yang
berpengaruh pada kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan programmeliputi Resiko
keuangan, Risiko operasional, Risiko pemenuhan (proses dan prosedur internal),
dan Risiko reputasi. Untuk meminilisir resiko dalam penyusunan program maka
perlu dilakukan dentifikasi jenis risiko, Pengukuran risiko, melakukan strategi
dalam pengendalian risiko, melakukan evaluasi terus menerus maju dan
berkelanjutan (MLS 3.3).
MELR (Monitoring,Evaluation,Learningand Reporting)
adalah tahapan pelaksanaan program yang memberdayakan aset yang ada di sekolah. Monitoring: Proses menghimpun informasi dan
analisis internal dari sebuah proyak dan program, Evaluasi: Sebuah
penilaian restrospektif secara periodik pada suatu program yang telah selesai, Learning:
Pembelajaran yang didapat berdasarkan pada :Fact (fakta) = catatan obyektif
tentang apa yang terjadi. Feeling (perasaan) = reaksi emosional terhadap
situasi. Finding (temuan) = Pembelajaran konkret yang dapat diambil dari
situasi tersebut. Future (masa depan) = Menyusun pembelajaran yang digunakan di
masa depan dan Report: Pesan yang
disampaikan secara sistematis dan obyektif yang di gunakan untuk menyampaikan
informasi dari suatu bagian organisasi kepada bagian lain atau lembaga lain
untuk membantu pengambilan keputusan untuk memecahkan persoalan.
B.
Kaitan antara pemetaan
sumberdaya dengan perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid
Kaitan antara pemetaan dengan program yang
berdampak pada murid adalah Pemetaan sumberdaya dan perencanaan program sekolah
saling mempengaruhi, Hasil pemetaan sumberdaya dapat dijadikan sebagai dasar
atau acuan dalam melihat potensi-potensi sekolah untuk dimaksimalkan dalam
perencanaan program yang berdampak pada murid dan Program sekolah yang berdampak pada murid jika
dikelola dengan baik akan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas belajar
siswa itu sendiri.
Koneksi antar materi melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif
dengan tahapan BAGJA berdasarkan Asset Based thinking atau berpikir berbasis
aset melalui pemetaan 7 aset/modal utama yang dimiliki sekolah: 1. Modal manusia,
2. Modal sosial, 3. Modal lingkungan, 4. Modal fisik, 5. Modal finansial, 6.
Model politik, 7. Modal Agama dan budaya.
Hubungan antara Pelaksanaan program sekolah yang berdampak
pada murid dengan modul lainya, pada dasarnya di modul ini guru berperan
menuntun anak didik sesuai dengan kodratnya yaitu kodrat alam dan zaman, untuk
mencapai itu semua guru melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi yakni murid
dilibatkan dalam penentuan cara belajar sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
Serta dalam penyusunan Program sekolah yang berdampak pada murid guru perlu
memperhatikan nilai dan peran guru
penggerak yakni mandiri, reflective, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada
murid.
Dalam Pengelolaan sumber daya atau aset yang ada di sekolah
semua itu dilakukan agar terciptanya budaya positif, kematangan emosional, pemimpin
pembelajaran dan pengelolaan program yang berdampak pada siswa.
C.
Bagaimana kaitan dari semua
materi dengan peran saya sebagai guru penggerak dari setiap materi yang telah
dipelajari ?
Kaitannya dengan nilai dan peran saya sebagai guru
penggerak adalah untuk mencetak generasi merdeka belajar dengan profil pelajar
Pancasila, sebagai guru penggerak diharapkan dapat memiliki serta menerapkan
nilai dan peran yang berpihak pada murid, mandiri, inovatif, kolaboratif, dan
reflektif.
Dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dan
kompetensi sosial emosional sangat perlu melakukan refleksi untuk perbaikan
pembelajaran yang berkesinambungan dan menjadi lebih baik, serta dalam
pengambilan keputusan dan sebagai pemimpin pembelajaran, mengelola asset, nilai
kolaboratif dan inovatif dapat diterapkan agar pengelolaannya lebih maksimal.
2 komentar:
Stainless Steel Tinted Ring with Diamonds - Tiag
Stainless Steel Tinted Ring titanium price with black titanium ring Diamonds Titanium Ring with Diamonds. The Rings Of Spades babylisspro nano titanium spring curling iron and Diamonds are made 메리트 카지노 가입 쿠폰 with race tech titanium the best stainless steel.
g085c1nqlxz953 dildo,horse dildo,female sex toys,fantasy toys,japanese sex dolls,wolf dildo,male masturbator,custom sex doll,wholesale sex toys o420m8upwbd650
Posting Komentar