Eryansyah, S.Pd CGP SMAN 2 Bolo angkatan 2 Kab. Bima NTB
Rancangan Pengelolaan Program Berdampak Pada
Murid
Guru Memiliki Mimpi Yaitu Mencerdaskan anak
bangsa, memanusiakan manusia, mengantarkan anak pada visi dan misi hidup,serta
membentuk karakter anak untuk menjadi pemimpi. Untuk mencapai ini semua, perlu
ada kolaborasi antara stekholder baik yang ada dilingkungan sekolah maupun
dilingkungan masyarakat, karena sangat tidak mungkin dilakukan oleh seorang
diri.
Tujuan program yang berorientasi
pada peningkatan kompetensi murid meliputi: CGP mampu Memanifestasikan ilmu tahapan penyusunan
Program dan CGP Mampu
Menyusun Media pembelajaran Yang berorientasi pada peserta didik.
Pada dasarnya, dimodul sebelumya kita telah
mempelajari tentang 5d/ BAGJA, melakukan monitoring, evaluasi dan menejemen
resiko yang artinya kita telah mempelajari konsep pengelolaan program yang
berdampak pada siswa. Untuk itu kita perlu merancang program yang berdampak
pada murid.
Dalam penyusunan program, terdapat tujuan yang
berdampak pada anak yang direncanakan, menggambarkan ide-ide baru serta dapat
diterapkan dengan mudah. Program yang disusun selaras dengan visi yang telah
dicanangkan pada lokakarya 3.
Pada lokakarya 3, CGP Telah mencanangkan visi
yaitu menciptakan media pembelajaran sesuai kodrat anak. Visi ini selaras
dengan misi SMAN 2 Bolo guru mampu meciptakan media pembelajaran yang
menyenangkan.
Dalam penyusunan Rancangan pengelolaan program
berdampak pada murid ini, CGP menggunakan konsep 5 D/Bagja
1.
Buat pertanyaan
Bagai Mana cara
merancang media pembelajaran sesui kodrat anak
2.
Ambil pelajaran
CGP dan teman sejawat
berkolaborasi merancang media pembelajaran sesuia dengan minat dan bakat siswa
3.
Gali mimpi
CGP dan teman sejawat
memanfaatkan waktu luang untuk mendiskusikan media pembelajaran seperti apa yang
bias menumbuhkah jiwa kritis, kreatif, inovatif pada diri siswa.
4.
Jabarkan rencana
CGP dan teman sejawat
membuat media pembelajaran dengan animasi, gambar, video serta rekaman audio
yang dapat menarik titik focus siswa pada media yang ditampilkan.
5.
Atur eksekusi
Tanggungjawab dalam program ini adalah Kepala Sekolah dan Wakil Kurikulum.
Sedangkan pelaksana adalah CGP dan teman sejawat berkolaborasi menciptakan
media pembelajaran sesuai kodrat anak.
Setelah dilakukan penjabaran sesuai teori 5 D/BAGJA kita
perlu melakukan Rencana Monitoring, Evaluasi, Pembelajaran, dan Pelaporan
(Monitoring, Evaluation, Learning, and Reporting)
1.
Rencana monitoring
Monitoring ini dilakukan untuk mengetahui sejahu mana
efektifitas media pembelajaran dalam menumbuh kembangkan pola piker kreatis,
ktitis, inovatif pada diri siswa
Fokus Angket
-
Bagai Mana Tanggapan Kalian
tentang media pembelajaran yang telah diperagakan?
-
Dari media pembelajaran
yang telah diterapkan, media pembelajaran yang mana menurut kalian yang
menggambarkan cara belajar kalian?
-
Berikan Alasan mengapa
kalian memilih media tersebut?
-
Guru dan siswa membuat
kesepakatan kelas
Dari hasil
angket guru melakukan refleksi kembali atas penerapan media pembelajaran yang
telah didemontrasikan.
2.
Evaluasi
-
Sejauh apa program yang
telah berjalan sesuai dengan tujuan utama program?
-
Seberapa banyak hambatan
yang ditemui selama pelaksanaan program ini? Mengapa terjadi demikian?
3.
Pembelajaran program
-
Hal-hal yang mendukung
program
·
Dukungan kepala Sekolah
·
Cgp menguasai beberapa
program presentasi
-
Hal-hal yang menghambat
pencapaian program
·
Kekurangan LCD
·
Masih adanya beberapa siswa
yang tidak hadir sehingga pengukuran tingkat efektifitas media pembelajaran
menggunakan sistim sampling
-
Refleksi
Siswa yang tidak hadir CGP menggunakan teori COCHING untuk mengetahui
sejahu mana usaha dan masalah yang dihadapi siswa sehingga tidak hadir
disekolah
4.
Pelaporan
1.
Bentuk gambar atau video proses
KBM
2.
Media pembelajaran yang
telah ditayangkan
3.
Waktu pelaksanaan.
1 komentar:
keren idenya pak, bisa jadi inspirasi saya nih
Posting Komentar