Senin, 04 Oktober 2021

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 Eryansyah, S.Pd CGP SMAN 2 Bolo angkatan 2 Kab. Bima NTB

Rancangan Pengelolaan Program Berdampak Pada Murid

Guru Memiliki Mimpi Yaitu Mencerdaskan anak bangsa, memanusiakan manusia, mengantarkan anak pada visi dan misi hidup,serta membentuk karakter anak untuk menjadi pemimpi. Untuk mencapai ini semua, perlu ada kolaborasi antara stekholder baik yang ada dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat, karena sangat tidak mungkin dilakukan oleh seorang diri.

Tujuan program yang berorientasi pada peningkatan kompetensi murid meliputi: CGP mampu Memanifestasikan ilmu tahapan penyusunan Program dan CGP Mampu Menyusun Media pembelajaran Yang berorientasi pada peserta didik.

Pada dasarnya, dimodul sebelumya kita telah mempelajari tentang 5d/ BAGJA, melakukan monitoring, evaluasi dan menejemen resiko yang artinya kita telah mempelajari konsep pengelolaan program yang berdampak pada siswa. Untuk itu kita perlu merancang program yang berdampak pada murid.

Dalam penyusunan program, terdapat tujuan yang berdampak pada anak yang direncanakan, menggambarkan ide-ide baru serta dapat diterapkan dengan mudah. Program yang disusun selaras dengan visi yang telah dicanangkan pada lokakarya 3.

Pada lokakarya 3, CGP Telah mencanangkan visi yaitu menciptakan media pembelajaran sesuai kodrat anak. Visi ini selaras dengan misi SMAN 2 Bolo guru mampu meciptakan media pembelajaran yang menyenangkan.

Dalam penyusunan Rancangan pengelolaan program berdampak pada murid ini, CGP menggunakan konsep 5 D/Bagja

1.       Buat pertanyaan

Bagai Mana cara merancang media pembelajaran sesui kodrat anak

2.       Ambil pelajaran

CGP dan teman sejawat berkolaborasi merancang media pembelajaran sesuia dengan minat dan bakat siswa

3.       Gali mimpi

CGP dan teman sejawat memanfaatkan waktu luang untuk mendiskusikan media pembelajaran seperti apa yang bias menumbuhkah jiwa kritis, kreatif, inovatif pada diri siswa.

4.       Jabarkan rencana

CGP dan teman sejawat membuat media pembelajaran dengan animasi, gambar, video serta rekaman audio yang dapat menarik titik focus siswa pada media yang ditampilkan.

5.       Atur eksekusi

Tanggungjawab dalam program ini adalah Kepala Sekolah dan Wakil Kurikulum. Sedangkan pelaksana adalah CGP dan teman sejawat berkolaborasi menciptakan media pembelajaran sesuai kodrat anak.

Setelah dilakukan penjabaran sesuai teori 5 D/BAGJA kita perlu melakukan Rencana Monitoring, Evaluasi, Pembelajaran, dan Pelaporan (Monitoring, Evaluation, Learning, and Reporting)

1.       Rencana monitoring

Monitoring ini dilakukan untuk mengetahui sejahu mana efektifitas media pembelajaran dalam menumbuh kembangkan pola piker kreatis, ktitis, inovatif pada diri siswa

Fokus Angket

-          Bagai Mana Tanggapan Kalian tentang media pembelajaran yang telah diperagakan?

-          Dari media pembelajaran yang telah diterapkan, media pembelajaran yang mana menurut kalian yang menggambarkan cara belajar kalian?

-          Berikan Alasan mengapa kalian memilih media tersebut?

-          Guru dan siswa membuat kesepakatan kelas

Dari hasil angket guru melakukan refleksi kembali atas penerapan media pembelajaran yang telah didemontrasikan.

2.       Evaluasi

-          Sejauh apa program yang telah berjalan sesuai dengan tujuan utama program?

-          Seberapa banyak hambatan yang ditemui selama pelaksanaan program ini? Mengapa terjadi demikian?

3.       Pembelajaran program

-          Hal-hal yang mendukung program

·         Dukungan kepala Sekolah

·         Cgp menguasai beberapa program presentasi

-          Hal-hal yang menghambat pencapaian program

·         Kekurangan LCD

·         Masih adanya beberapa siswa yang tidak hadir sehingga pengukuran tingkat efektifitas media pembelajaran menggunakan sistim sampling

-          Refleksi

Siswa yang tidak hadir CGP menggunakan teori COCHING untuk mengetahui sejahu mana usaha dan masalah yang dihadapi siswa sehingga tidak hadir disekolah

4.       Pelaporan

1.       Bentuk gambar atau video proses KBM

2.       Media pembelajaran yang telah ditayangkan

3.       Waktu pelaksanaan.

 

 Sumber

Modul Guru Penggerak

 

1 komentar:

EdUS mengatakan...

keren idenya pak, bisa jadi inspirasi saya nih

TENTANG DEEP LEARNING (IGI KAB. BIMA)

  "Deep Learning" atau Pembelajaran Mendalam dalam konteks pendidikan melibatkan pendekatan yang mendalam dan bermakna terhadap ...