Senin, 04 Oktober 2021

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

  Eryansyah, S.Pd CGP SMAN 2 Bolo angkatan 2 Kab. Bima NTB

Guru Merupakan pemimpin yang mampu mengenali, menggali potensi yang menjadi kekuatan sekolah serta mampu mengaktualisasi untuk mengoptimalkan pembelajaran disekolah atau kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar untuk menuju merdeka belajar.

Untuk mengimplementasikan itu semua CGP perlu memahami apa itu pemimpin dalam pembelajaran yang mampu mengelolah sumber daya yang ada disekolah. Untuk mencapai itu semua kita perlu mengkomunikasikan dengan kepala sekolah dan teman sejawat atas apa yang telah dilakukan dan diketahui oleh CGP. Setelah dilakukan komunikasi CGP perlu menjabarkan hasil pemetaan yang dilakukan, setelah dilakukan pemetaan CGP perlu menyusun rencana kegiatan sekolah, melakukan pengelolaan sumber daya yang dimiliki dengan pendekatan berbasis asset. Hal yang penting dilakukan juga adalah kolaborasi dengan seluruh warga sekolah atau stekholder, mendokumentasikan dan pengarsipan dalam melakukan pengelolaan sumberdaya sekolah.

Pengelolaan sumber daya sekolah dengan baik mampu menciptakan serta meningkatkan kualitas proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya memiliki keterkaitan dengan modul lain, seperti maksud dari pendidikan yang diharapkan KHD adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada kodrat anak agar merekamencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Pemimpin dalam pengelolaan sumberdaya memiliki keterkaitan dengan modul visi seorang guru penggerak, nilai dan peran. Maka guru akan berinisiapif dalam pperubahan yang berbasis pada kekuatan, asset dan potensi yang ada disekolah. Modul ini juga berkaitan dengan guru sebagai pemimpin dalam kelas, sebagai pemimpin pembelajaran dalam kelas perlu mengelolah asset/atau potensi sekolah melalui coching sehingga dapat mengetahui apa yang diinginkan murid dalam kelas dengan memperhatikan pembelajaran yang berdiferensiasi.

Pemimpin pengelolah sumber daya kita perlu menerapkan pola berpikir berbasis masalah, memahami bagaimana memetakan asset serta memahami bagaimana mengelolah asset yang dimiliki sekolah.

Tidak ada komentar:

TENTANG DEEP LEARNING (IGI KAB. BIMA)

  "Deep Learning" atau Pembelajaran Mendalam dalam konteks pendidikan melibatkan pendekatan yang mendalam dan bermakna terhadap ...