RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia Sekolah : SMA 2 Bolo Kelas/Semester : XI / Ganjil |
Materi : Teks Prosedur Alokasi
Waktu : 2 pertemuan (4 x 45 menit) |
A.
Tujuan Pembelajaran |
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur serta 3.3.
mengembangkan
teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan
kebahasaan |
B.
Kegiatan Pembelajaran |
Kegiatan Pendahuluan |
·
guru membuka pembelajaran daring (WA
Grup, zoom, geogle met) ·
Guru meminta siswa untuk menuliskan
minat (Cat Grop) ·
Guru membagi kelompok berdasarkan minat
siswa (diferensiasi konten berdasarkan minat) ·
Guru Menyampaikan tujuan
pembelajaran pertemuan hari
ini. ·
Guru melontarkan pertanyaan apersepsi mengenai
Teks Prosedur. (diferensiasi Proses Kesiapan belajar) |
Kegiatan Inti |
Pertemuan 1 ·
Peserta didik mengamati contoh teks
prosedur yang dibawa. diferensiasi Proses
Kesiapan belajar) ·
Peserta didik mengidentifikasi struktur
dan kaidah kebahasaan teks prosedur. diferensiasi
Proses Kesiapan belajar) ·
Peserta didik bertanya jawab tentang
struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. diferensiasi Proses Kesiapan belajar) ·
Peserta didik memberi komentar terhadap
struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. (diferensiasi Proses) ·
Peserta didik secara berdiskusi
mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. diferensiasi Proses Kesiapan belajar) · Peserta
didik menuliskan teks prosedur berdasarkan minat (Kelompok) (diferensiasi produk sesuai profil belajar) · Peserta
didik Mendiskusikam teks prosedur berdasarkan minat (diferensiasi produk sesuai profil belajar) · Peserta
didik dari kelompok lain bertanya tentang prosedur sesui dengan minat siswa (diferensiasi produk sesuai profil belajar) |
|
Refleksi dan konfirmasi |
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui
ketercapaian proses pembelajaran dan Perbaikan ·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa. |
Penilaian |
||
Pengetahuan 1. Mengindentifikasi struktur teks prosedur. 2. Simpulkan teks tersebut berdasarkan kelengkapan strukturnya. |
Keterampilan Menulis teks prosedur berdasarkan struktur
dan kebahasaan |
Sikap 1. Bekerja sama dalam diskusi kelompok. 2. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
dalam menulis kembali teks prosedur. 3. Tanggung jawab mengerjakan tugas |
C.
Sumber/ Media Pembelajarn :
Sumber: Buku Paket Bahasa
Indonesia Kelas XI, https://www.ruangguru.com/blog/mengenal-jenis-dan-contoh-teks-prosedur
Media:
WA Grup, Zoom, Geogle Met, PPT, LKS
D.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar:
1.
Teknik
dan bentuk Instrumen
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Observasi |
Lembar pengamatan sikap dan rubrik (lihat diagram 2.1 Prosedur
penyelesaian perkara pelanggaran berlalu lintas) hal. 52 |
Tes tulis |
Tes uraian menuliskan prosedur penyelesaian pelanggaran berlalu lintas
(mendeskripsikan ) |
Tes praktik |
Cara menggunakan kartu ATM |
Rubrik Penilaian
No |
Skor |
Kriteria |
komentar |
1 |
9 – 10 7 – 8 6 – 7 |
Sangat baik - sempurna : Mampu menyusun teks prosedur Cukup - baik : Mampu menyusun
teks prosedur Sedang - cukup : Mampu menyusun teks prosedur |
|
2 |
9 – 10 7 – 8 6 – 7 |
Sangat baik - sempurna : Mampu menyusun teks prosedur dengan benar Cukup - baik : Mampu menyusun
teks prosedur dengan benar Sedang - cukup : Mampu menyusun teks prosedur dengan benar |
|
Lembar Rekapitulasi Penilaian Kegiatan Peserta Didik
No |
Jenis Teks |
Aspek penilaian |
Isi |
|
Kosakata |
Kalimat |
|||
1 |
Menerima Tuduhan |
10 |
10 |
30 |
2 |
Tidak Menerima Tuduhan |
10 |
10 |
30 |
Mengetahui Bolo, 2 Juli 2021
Kepala SMA, Guru Mata Pelajaran,
Sahrir, S.Pd, M.Pd Eryansyah,
S.Pd
NIP.197212151998031005 NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar