Menurut Tomlinson (2000), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
jadi pembelejaran differensiasi merupakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa itu sendiri, tampa memaksakan kehendak guru belajar sesuai dengan keinginan guru. belajar sejatinnya belajar berdasarkan asas memanusiakan manusia. guru sejatinya mampu menjadi pemimpin pembelajar sehingga melahirkan maiset pendidikan sesuai kodrat anak, menjadikan peserta didik sebagai subjek yang belajar bukanlah sebagai objek pendidikan.
pembelajaran Berdiferensiasi cocok diterapkan disemua mata pelajaran, akan tetapi CGP akan coba mengulas pembelajaran Berdiferensisi pada mata pelajaran Bahasa indonesia. kenapa saya angkat pada pembelajaran bahasaindonesia, karena CGP adalah guru bahasa indonesia yang artinya akan mencoba menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan KD Teks Prosedur.
sebelum memulai pembelajaran, ada tiga tahap yang mesti dilakukan oleh pendidik,
1. kesiapan belajar siswa
2. minat belajar siswa
3. profil belajar siswa
dari ketiga poin ini tidak bisa dilewatkan oleh guru jika menerapkan pembelajaran brdiferensiasi. setelah dilakukan tiga tahapan ini guru sudah memetakan dan metode pembelajaran seperti apa yang diterapkan,
dalam hal ini CGP menerapkan media pembelajaran dengan kertas Nottes (Kertas Berwarna) kerta ini bagikan kepada siswa, siswa diminta untuk menulis minat atau hoby mereka di atas kertas serta diminta untuk menulis pelajaran seperti apa yang mereka inginkan. dari hasil jawaban siswa, guru mengelompokan siswa berdasarkan minat siswa.
setelah dikelompokkan CGP meminta kepada siswa agar menulit dikertas nottes apa itu teks prosedur, dari hasil tulisan diperoleh dasar pemahaman siswa tentang apa itu teks prosedur.
Setelah diperoleh semua data tentang kesiapan, minat dan profil belajar siswa, CGP meminta kepada siswa untuk menulis teks prosedur berdasarkan minat siswa.
setelah siswa menulis teks prosedur siswa diminta mendiskusikan hasil tulisan kepasa sesama minat, untuk mengetahui mana yang kurang untuk diperbaiki agar sesuia dengan teks prosedur.
setelah berdiskusi, siswa diminta untuk merefleksikan kembali tentang apa yang dipelajari tetntang teks Prosedur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar