A. Definisi Pembelajaran Sosial dan Emosi
Pembelajaran sosial dan emosi adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif seluruh elemen sekolah. Kolaborasi ini memungkinkan interaksi antara anak dengan orang dewasa disekolah untuk memperoleh serta menerapkan pengetahuan dan keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosi.
B. Tujuan Pembelajaran sosial emosi
1. Memberikan pemahaman, penghayatan serta pengetahuan untuk mengelolah emosi
2. menetapkan dan pecapaian tujuan positif
3. merasakan dan menunjukan empati kepada orang lan
4. Membangun dan mempertahankan hubungan positif
C. Ruang Lingkup Pembelajaran Sosial dan emosi
1. Rutin
2. Terintegrasi dengan mata pelajaran
3. Protokol
Contoh pembelajaran sosial dan emosi yang diterapkan Secara RTP
a. Bernapas dengan kesadaran penuh
b. Identifikasi diri
c. Melukis dengan jari
d. Membuat Jurnal pribadi
e. Membuat puisi akrostik
f. Membuat Kloase diri
g. Menuliskan ucapan terimakasih
h. Latihan menyadari kondisi tubuh
i. mencari teman baru
D. 5 kompetensi emosi
1. Mengelolah diri (Pengelolaan emosi dan fokus)
2. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab
3. Kesadaran diri (Mengelolah emosi)
4. Kemampuan berintekrasi dengan sosial (Resiliensi)
5. Kesadaran sosial (Empati)
E. Pembelajaran sosial emosi berbasis kesadaran penuh
1. konsepkesadaran penuh
Kesadaran, Perhatian yang disengaja, saat ini, rasa ingin tahu, dan kebaikan
2. Kapan Mindfuness Muncul ?
adanya perhatian yang didasari kesadaran yang berlandaskan keingintahuan
3. Latihan Mindfunnes
latihan kesadaran dalam menjalankan peran dan tanggug jawab dengan bahagia dan optimal
4. Mindfuness dalam kurikulum
Kurikulum yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran sosial dan emosional, meningkatkan kesejahteraan psikologis, dan keberhasilan akedemik berdasarkan penelitian kelas.
F. Hubungan kerja otak bagian depan dengan mindfuness
1. Memperbaiki suasana hati
2. mengatasi depresi, kecemasan, prilaku obsesif kompulsif
3. meningkatkan perasaan harga diri, serta rasa cinta pada diri sendiri.
G. Kaitan Modul 2 dengan modul 1
Modul 2 berorientasikan pembelajaran kesejahteraan hidup dilingkungan sekolah, artinya guru harus mampu menciptakan suasana sehat, nyamman dan bahagia sejalan dengan filosofi pendidikan KHD adalahpendidikan sesuai kodrat alam atau sesuai dengan indifidu siswa jadi berkaitan dengan pembelajaran KSE.
H. Budaya Positif untuk melati Kesadaran Sosial dan emosi
STOP Stress by STOP Artinya
1. Stop (Berhenti untuk mengendaikan diri)
2. Tarik Napas dalam dalam
3. Mengamati apa yang terjadi pada tubuh, pikiran dan perasaan
4. lanjutkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar